Mon - Sat: 09.00 – 17.00Sunday: 10.00 – 13.00 | 14.00 - 17.00+62 21 728-00617Jl. Radio Dalam Raya No 49Jakarta 12140

Tips Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar

20 Januari 2018by Info Groovy0Tips

Tips Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar

20 Januari 2018 by Info Groovy0
shutterstock_361537991.jpg

Sebagai PAWrent, anda bertanggungjawab dalam berbagai aspek perawatan hewan peliharaan anda. Untuk melihat apakah anda telah melakukan hal yang benar, berikut ini beberapa tips merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar dari dokter hewan:

Pemeriksaan tiap tahun

Hal ini penting untuk mengetahui status kesehatan hewan peliharaan anda. Pemeriksaan tahunan juga merupakan waktu yang tepat bagi hewan anda untuk mendapat vaksinasi, pemeriksaan feses, dan juga tes darah untuk melihat apakah organ internalnya berfungsi dengan baik.

Sterilisasi/kebiri

Sterilisasi/kebiri sangat penting dilakukan untuk mengurangi resiko hewan peliharaan anda terkena beberapa jenis kanker. Sterilisasi dapat mengurangi tingkat stress hewan peliharaan anda karena mereka akan kehilangan keinginan kawin sehingga mengurangi resiko mereka hilang saat mereka keluar rumah untuk mencari pasangan atau pulang dengan luka-luka karena berkelahi dengan hewan lain.

Beberapa PAWrents tidak setuju dengan sterilisasi karena merasa kasihan bila hewan peliharaan mereka kehilangan kemampuan untuk kawin. Tidak seperti pandangan manusia mengenai seks, hewan menganggap kawin sebagai suatu dorongan untuk berkembang biak demi kelangsungan keberadaan spesiesnya. Mereka tidak akan memusingkan bila kehilangan kemampuan kawin mereka.

Berat badan yang sehat

Jagalah hewan peliharaan anda agar selalu berada dalam berat badan ideal. Terlalu kurus karena kurang nutrisi atau kegemukan karena pemberian makan berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, gagal organ, masalah kulit, penyakit jantung, masalah persendian, diabetes, dll. Diskusikan dengan dokter hewan anda untuk mengetahui diet apa yang terbaik untuk hewan peliharaan anda sesuai dengan usia, berat, dan gaya hidupnya.

Tips lain mengenai berat badan hewan peliharaan adalah mereka cenderung bertambah gemuk setelah dilakukan sterilisasi. Jadi berhati-hatilah dalam menjaga porsi makan dan aktivitas mereka agar selalu fit.

Perhatikan makanan dan snack yang anda berikan

Ada banyak makanan manusia yang berbahaya bagi hewan peliharaan anda seperti cokelat, anggur, bawang-bawangan, alkohol, xylitol, tulang mentah, dll. beberapa jenis makanan dapat menyebabkan gejala ringan seperti diare dan muntah namun kebanyakan dapat menyebabkan kerusakan organ yang tidak dapat diperbaiki. Jadi berhati-hatilah saat membagi makanan anda dengan hewan peliharaan anda.

Jangan pernah memberi obat-obatan manusia tanpa bertanya pada dokter hewan

Ini bisa jadi hal yang berbahaya untuk dilakukan. Obat flu yang umum ditemukan misalnya, sangat beracun bagi anjing dan kucing bahkan bila diberikan dalam dosis yang kecil. Saat hewan peliharaan anda sakit, bawalah mereka ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Bila tidak memungkinkan untuk membawa mereka ke dokter hewan, anda dapat menghubungi dokter hewan anda untuk berkonsultasi apakah anda dapat memberikan obat tertentu pada hewan anda. Sebutkan nama bahan dan merk obat tersebut dan tanyalah apakah obat tersebut aman untuk diberikan pada hewan anda.

Jangan menampung hewan berlebihan

Biasanya hal ini dimulai dengan sebuah niat baik karena menyelamatkan hewan sakit atau yang ditinggalkan memang adalah hal yang terpuji. Masalahnya terjadi bila anda tidak tahu kapan anda harus berhenti. Shelter saja memiliki batas jumlah hewan yang dapat mereka rawat. Memiliki terlalu banyak peliharaan untuk dirawat hanya akan menyebabkan penderitaan pada hewan-hewan itu sendiri dari segi kekurangan makanan dan tempat tinggal yang terlalu sempit. Belum lagi saat penyakit dan parasit mulai menyebar diantara hewan-hewan tersebut, akan sangat sulit untuk memberantas penyakit dan bila kebutuhan dasar hidup saja tidak terpenuhi, hewan-hewan lain akan sangat mudah tertular dan tidak mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

Simpan nomor kontak emergency di speed dial

Jika anda tidak yakin mengenai hal yang berkaitan dengan hewan peliharaan anda, dari jenis makanan yang harus dilakukan, produk apa yang harus dipakai atau bahkan bila anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan hewan peliharaan anda, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter hewan anda. Untuk hal yang bersifat mendesak anda dapat menghubungi hotline Groovy Vetcare di +62 811 888 2490.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Berlangganan Newsletter

Dapatkan berbagai informasi menarik dan penting dari Groovy Vetcare secara langsung ke email Anda.

©2018 All Right Reserved | GROOVY VETCARE - Jl. Radio Dalam Raya No 49, Jakarta